-->

Cara Kalibrasi Batrei Macbook (Pro, Air, Retina ) dengan Mudah

Mabook merupakan laptop yang dicipatakan oleh perusahaan apple yang memiliki beberapa varian di antaranya adalah Macbook Pro, Air, Retina dimana pada varian tersebut di bekali batrei yang awet dan  tahan lama.

Pada saat admin menggunakan laptop apple (Macbook Pro Retina 2013) sempat kaget kerna batreinya sangat awet dan mampu bertahan 11 sampai 12 jam penggunaan wajar. 

Sejauh ini ngak pernah ada laptop yang bisa bertahan selama itu, Akan tetapi seiring bejalanya waktu tentu saja kekuatan batrei macbook saya melemah. 

Setelah membaca dari referensi apple itu sendiri ternyata ada cara kalebrasi batrei macbook pro agar bisa kembali normal.

Mengutip dari laman resmi apple, Kalebrasi batrei ini sangat di rekomendasikan untuk penggunaan akitf 1 bulan satu kali, Sedangkan penggunaan yang tidak begitu aktif bisa kalebrasi batrei setiap 2 bulan satukali. 

Dengan melakukan kalibrasi batrei pada laptop macbook yang anda gunakan secara rutin anda akan memperoleh informasi yang akurat pada bagian motitor setingan macbook.  

Fungsi dan Kegunaan Kalibrasi Batrei di Macbook 

Anda dapat mengkalibrasi baterai lithium-ion komputer iBook, PowerBook, MacBook, atau MacBook Pro untuk mendapatkan performa terbaik.

Baterai ini memiliki mikroprosesor yang memberikan perkiraan jumlah energi di dalam baterai saat terhubung atau pun tidak terhubung ke pengisi daya. 

Baterai perlu dikalibrasi ulang dari waktu ke waktu untuk menjaga tampilan waktu dan persen baterai pada layar tetap akurat dan untuk menjaga baterai bekerja pada efisiensi maksimal. 

Anda sebaiknya melakukan prosedur ini ketika Anda pertama kali menggunakan komputer dan setiap beberapa bulan setelahnya. 

Jika Anda biasa meninggalkan komputer portabel Apple terhubung pada daya listrik AC dan sangat jarang menggunakannya dengan daya baterai, Anda mungkin ingin melakukan proses ini sebulan sekali. 

Situs web www.apple.com/id/batteries memiliki lebih banyak informasi bantuan terkait baterai dan menawarkan kalender iCal untuk mengingatkan Anda melakukan kalibrasi baterai. 
Catatan: Jika Anda tidak yakin model portabel komputer Anda, gunakan tautan berikut untuk mengidentifikasi iBook, PowerBook, MacBook, MacBook Air, or MacBook Pro Anda.
Komputer portabel dengan baterai bawaan.
Baterai komputer portabel Apple saat ini telah mendapat pra-kalibrasi dan tidak membutuhkan prosedur kalibrasi yang dijelaskan di dalam artikel ini. Komputer-komputer tersebut menggunakan baterai yang hanyadapat diganti oleh Penyedia Layanan Resmi Apple.
  • MacBook (13-inci, Akhir 2009) dan setelahnya
  • MacBook Air
  • MacBook Air, semua versi
  • MacBook Pro
  • MacBook Pro (Retina, 13-inci, Akhir 2012)
  • MacBook Pro (Retina, Pertengahan 2012)
  • MacBook Pro (13-inci, Pertengahan 2009) dan setelahnya
  • MacBook Pro (15-inci, Pertengahan 2009) dan setelahnya
  • MacBook Pro (17-inci, Awal 2009) dan setelahnya
Komputer portable dengan baterai yang dapat dilepas
iBooks dan PowerBook G4, selain Powerbook G4 (15-inci Double-Layer SD)

Pasang adaptor daya dan isi penuh daya baterai komputer hingga indikator baterai mati dan cahaya lampu colokan adaptor daya berubah dari warna kuning kemerahan menjadi hijau, yang menandakan bahwa baterai telah terisi penuh.

Lepaskan sambungan adapter daya dan gunakan iBook Anda atau Powerbook Anda. Ketika baterai mulai habis, Anda dapat melihat dialog peringatan baterai lemah pada layar. 

Lanjutkan penggunaan komputer Anda hingga komputer masuk ke kondisi tidur. Pada saat itu baterai telah cukup terkuras untuk proses kalibrasi.

Hubungkan adaptor daya dan tinggalkan dalam posisi terhubung hingga baterai akan terisi penuh kembali.

Anda harus mengisi penuh dan kemudian menguras baterai baterai Anda hanya sekali untuk mengkalibrasinya. 

Setelah itu, Anda dapat menyambungkan atau memutus sambungan adaptor daya ketika baterai berada di tingkat status isi daya berapapun.

Kiat: Ketika baterai telah "kosong", komputer akan dipaksa masuk ke mode tidur. Baterai sebenarnya masih menyimpan cadangan di balik status "kosong", untuk menjaga agar komputer berada pada kondisi tidur selama beberapa waktu. 

Setelah baterai sepenuhnya habis, komputer akan dipaksa mati oleh sistem. Pada titik ini, file yang masih terbuka tidak akan tersimpan. 

Oleh karena itu, penting bahwa Anda untuk segera menemukan stop kontak listrik dan hubungkan adaptor sebelum pemaksaan mati terjadi.

PowerBook G4 (15-inci Double-Layer SD), MacBook (semua model), dan MacBook Pro (semua model)

Kalibrasi baterai untuk PowerBook G4 (15-inci Double-Layer SD) dan semua model MacBook atau MacBook Pro telah diperbarui karena adanya baterai baru yang dirilis bersama komputer ini. Dengan komputer tersebut, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengkalibrasi baterai Anda:

  • Pasang adaptor daya dan isi penuh daya baterai komputer PowerBook Anda hingga lingkaran cahaya atau LED pada colokan adaptor daya berubah menjadi hijau dan pengukur pada layar di bar menu menandakan bahwa baterai telah terisi penuh.

  • Biarkan baterai tetap dalam kondisi terisi daya penuh selama setidaknya dua jam. Anda dapat menggunakan komputer Anda selama waktu tersebut asalkan adaptor tetap terpasang.

  • Lepas sambungan adaptor daya ketika komputer masih menyala dan mulai jalankan komputer dengan tenaga baterai. 

  • Anda dapat menggunakan komputer Anda selama waktu tersebut. Ketika baterai mulai melemah, Anda akan melihat dialog peringatan baterai lemah pada layar.

  • Pada titik ini, simpan pekerjaan Anda.  Lanjutkan penggunaan komputer Anda; ketika baterai sungguh sangat lemah, komputer akan secara otomatis beralih ke posisi tidur.

  • Matikan komputer atau biarkan dalam kondisi tidur selama lima jam atau lebih.
  • Hubungkan adaptor daya dan tinggalkan dalam posisi terhubung hingga baterai akan terisi penuh kembali.
Kiat: Ketika baterai telah "kosong", komputer akan dipaksa masuk ke mode tidur. Baterai sebenarnya masih menyimpan cadangan di balik status "kosong", untuk menjaga agar komputer berada pada kondisi tidur selama beberapa waktu. 

Setelah baterai sepenuhnya habis, komputer akan dipaksa mati oleh sistem. Pada titik ini, dengan fungsi tidur aman yang diperkenalkan dalam komputer PowerBook G4 (15-inci Double-Layar SD), konten memori komputer telah disimpan ke dalam hard disk. 

Ketika tenaga dipulihkan, komputer akan kembali dengan sendirinya ke kondisi pra-tidurnya menggunakan citra tidur aman pada hard disk.

Cara Kalebrasi Batrei Macbook yang Benar

Cara kalibrasi batrei ini dapat anda pada semua laptop produk apple, Baik itu macbook pro - Macbook Air yang dilengkapi micro prosesor di dalamnya. 

1. Isi Daya Macbook Anda Sampai Penuh 

Tips untuk anda yang sedang mengisi daya batrei macbook jika dalam keadaan mati pastikan indikator lampu berwarna hijau saat sedang tercantap pada macbook.

Sedangkan untuk macbook yang sedang menyala, Pastikan juga indikator batrei yang ada pada bagian atas navigasi menunjukan angka 100%. 

2. Gunakan Macbook Hingga 2 Jam Saat Pengisian Batrei 

Untuk melanjutkan kablibrasi batrei, Biarkan charger terus tertancap pada macbok anda dan gunakan laptop hingga anda sampai 2 jam lebih. 

Jika sudah melebihi 2 jam, Selanjutnya cabut magesafe atau charger yang tertancap pada macbook dan gunakan laptop hingga batrei habis sepenuhnya. 

Tipsnya, Jika batrei sudah menunjukan 1% silakan close semua aplikasi yang sendag terbuka atau berjalan untuk bersiap macbook anda akan mati. Selama proses ini, Macbook anda tidak boleh sleep. 

3. Biarkan Macbook Yang Mati

Setelah macbook anda kehabisan batrei biarkan saja minimal 5 jam kedepan dari macbook anda ngedrop tadi.

Selanjutnya isi daya batrei hingga terisi penuh dan sampai tahap proses ini anda sudah berhasil melakukan kalibrasi batrei pada laptop macbook anda.